Arwah Khadafi Gentayangan di Dunia Maya

Moammar Khadafi
Mediasari - Trend Micro menemukan bukti telah terjadi pesan spam yang memanfaatkan meninggalnya seorang selebriti atau tokoh politik.

Beberapa waktu lalu peristiwa jebakan scam terjadi saat meninggalnya Steve Jobs dan Amy Winehouse. Dan kali ini, tim riset dari Trend Micro, kembali menemukan hal serupa yang mengatasnamakan kematian Moammar Ghadafi dengan iming-iming video dan gambar menarik agar pengguna internet men-download file berbahaya.

Dikutip melalui keterangan resminya, Rabu (2/11/2011), Trend Micro telah menemukan 3 bukti penyusupan malware yang mengatasnamakan kematian Khadafi tersebut.

Pertama, Trend Micro mengindikasikan bahwa pesan spam yang mengklaim video kematian Khadafi tersebut sempat dimuat dan menyamarkan diri sebagai newsletter yang berasal dari CNN di Spanyol.

Berita tersebut menginformasikan kepada pengguna untuk men-download rekaman video kematian Khadafi. File video bernama video-Ghadafi.mpeg.exe tersebut ternyata membawa malware dengan identifikasi BKDR_IRCBOT.DAM yang akan menghubungkan pengguna ke server penyebar malware.

Pesan spam kedua, ditemukan oleh Trend Micro dalam bentuk file attachment .RAR yang dikirim via email. File ini disebut berisi “gambar tubuh terakhir Moammar Ghadafi”, tapi tanpa sadar ketika kita meng-ekstraknya kita justru sedang mempersiapkan malware menyerang.

Pesan ketiga, diidentifikasi dalam file Khadafi.exe, diduga merupakan malicious yang telah dideteksi sebagai BKDR_EXDEPH.A. Profil virus kini telah jauh berubah dari wabah global ke dalam serangan yang canggih dan ditargetkan. Menyadari bahwa teknik masa lalu kurang efektif, kini penjahat dunia maya terus-menerus datang dengan teknik baru untuk mengelabui dan menginfeksi pengguna.

Kejadian ini pun mengingatkan pada semua negara, agar tetap meningkatkan kewaspadaan bahwa intelijen keamanan dalam teknologi informasi, cloud dan mobile, merupakan hal yang sangat penting.


Arwah Khadafi Gentayangan di Dunia Maya  - Sumber: Okezone


Related Posts with Thumbnails
You can leave a response, or trackback from your own site.
10 Web Hosting Terbaik Indonesia