Blackberry Bold 9900 - Touch Screen, OS 7 dan Memori 8 GB

Blackberry Bold 9900
Mediasari - Blackberry Bold 9900 baru saja menyambangi pengguna ponsel di tanah air. Smartphone besutan Research in Motion (RIM) ini adalah seri pertama yang mendukung Blackberry OS versi 7 dan mengkombinasikan layar sentuh dengan keypad QWERTY sekaligus.

Bold 9900 yang juga disebut Blackberry Dakota sengaja dihadirkan untuk menghadang laju ponsel Android seperti jajaran Samsung Galaxy dan iPhone-nya Apple yang kian mendominasi pasar smartphone. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan smartphone ini, simak review kami berikut ini.

First Impression | Kesan Pertama

Blackberry Dakota mengadopsi konsep desain Blackberry Bold 9000. Bedanya, smartphone ini tampil lebih tipis – bahkan RIM menyebutkan sebagai perangkat Blackberry paling tipis saat ini. Di bagian samping dikelilingi pembatas material logam seperti Bold 9000.

Seperti smartphone Blackberry berkeypad QWERTY lain, komposisi bodi cenderung melebar. Blackberry Dakota terlihat elegan dan lebih stylish dibandingkan Blackberry Bold versi awal yang memiliki bentuk bodi kekar dan bongsor.

Jika Blackberry Bold 9000 mengedepankan pembungkus kulit di bodi belakang, maka Dakota memilih bahan terbuat dari kombinasi plastik dan kaca. Sayang slot microSD-nya tidak hotswap sehingga kami harus membuka baterai untuk memasang kartu memorinya.

First Thing | Fitur Utama

Layar: Sempit Tapi Responsif

Blackberry Dakota sudah menyiapkan layar sentuh 2,8 inci dengan 16 juta warna pada resolusi 640 x 480 piksel. Termasuk sempit untuk ukuran layar sentuh dan resolusinya pun hanya siap ditandingkan dengan smartphone full touchscreen kelas menengah.

Untung saja, sensor kapasitif yang diusungnya sangat responsif terhadap sentuhan jari. Dan jika ditimbang lagi, keberadaan layar sentuhnya memberikan nilai lebih lantaran dikombinasikan dengan keypad QWERTY fisik. Setidaknya, metode input pada Dakota jadi lebih bervariasi.

OS & Prosesor: Akselerasi lancar, Menu Lebih Interaktif

Blackberry Dakota mengkombinasikan sistem operasi Blackberry OS 7, prosesor 1.2 GHz QC 8655 dan RAM 768 MB. Berkat sinergi tersebut, akselerasi dan pengoperasian Blackberry Bold 9900 ini terasa sangat cepat dan nyaris tanpa jeda. Pengalamannya sangat berbeda saat dibandingkan dengan Blackberry lain yang masih berbasis OS 6 ke bawah.

Dari segi tampilan, OS versi 7 mendukung ikon yang lebih berwarna ketimbang versi terdahulunya dengan fitur lebih menjanjikan. Peningkatan hardware pada Dakota otomatis berbuah pula pada peningkatan tampilan visual dan tampilan antarmuka yang memiliki grafis lebih baik.

Kamera: 5 Megapiksel, Mampu Rekam video HD

Kamera Blackberry Bold 9900 masih sekelas dengan Blackberry Torch ataupun Onyx 2. Hanya saja, jika Anda lebih teliti, resolusi maksimal smartphone ini ternyata lebih kecil dari Torch (2592×1944 piksel). Yups, Blackberry Dakota memiliki resolusi 2560×1920 piksel. Meski begitu tak terlalu kentara perbedaannya saat dipakai menjepret gambar.

Hasil foto smartphone ini termasuk baik dalam kondisi terang ataupun minim cahaya (sudah didukung lampu kilat LED). Kelebihan kamera ponsel ini adalah bisa dipakai merekam video kualitas HD. Resolusi video bisa mencapai 1280 x 720 piksel/ 720p.

Internet: Memuaskan

Browser BlackBerry 7 memiliki kemampuan layaknya browser internet pada PC. Sebuah peningkatan signifikan ketimbang browser Blackberry lawas yang terbilang kurang memuaskan. Relatif mampu bersaing dengan browser mutakhir yang biasa dibenamkan pada ponsel seperti Android, iPhone dan lain-lain.

Browser terbaru ini sudah menunjang fitur multi tab serta bsupport Liquid Grafis untuk rendering lebih cepat dan tampilan lebih sempurna. Juga memiliki dukungan penuh untuk elemen HTML 5. RIM bahkan menyatakan bahwa browser OS 7 lebih cepat 1.6x dari OS 6.

Kami bisa menikmati jelajah internet secara leluasa dan cepat via jaringan HSDPA/HSUPA. Kami juga bisa terhubung dengan mudah di Hospot Area melalui Wifi yang sudah terbenam dalam handset ini.

First Touch

Saat memegang smartphone ini pertama kali, kami menemukan tombol volume, tombol pause untuk media dan tombol shutter kamera di sisi kanan bodi. Sementara di sisi kiri terdapat port microUSB dan 3.5mm headphone.

Pada bagian keypad QWERTY kami merasakan komposisi keypad yang nyaris sama dengan Bold 9000. Nyaman dipakai mengetik karena ditunjang bantalan yang empuk. Lantas layar sentuhnya pun responsive terhadap sentuhan jari dan sudah mendukung multi touch (bisa memperbesar gambar atau halaman dengan cara mencubit layar).

Sayang, penawaran layar sentuh ini kadang-kadang membuat trackpad terkadang jarang tersentuh dan terkesan mubazir. Pasalnya, kami bisa mengakses menu dan mengutak-atik pilihan secara langsung di layarnya. So, tombol navigasi seolah terlupakan.

Soal fitur, Anda bisa menikmati fasilitas multimedia seperti musik, video dan lain-lain. Kualitasnya sudah memadai. Urusan bisnis, Blackberry Dakota sudah menyediakan versi penuh dari Docs to Go dengan seluruh fungsi premiumnya. Juga tertanam NFC yang memungkinkan pembayaran secara langsung melalui ponsel.

Soal penyimpanan, jangan kuatir kehabisan ruang karena Blackberry Bold 9900 sudah memori internal 8GB. Rasanya lebih dari cukup untuk ukuran smartphone. Untuk kemudahan transfer atau backup data, Bluetooth dan slot MicroUSB siap dimanfaatkan.

Peta digital yang ditunjang fasilitas GPS sudah terintegrasi jadi jangan takut kesasar di jalan. Untuk Blackberry Messenger (BBM) tentu saja Anda bisa menikmati versi paling mutakhirnya. Secara, inilah fitur yang paling penting buat sebagian besar pemilik Blackberry.

Sayangnya, baterai ponsel ini hanya berkapasitas 1230mAh. Lebih kecil dari 9800 Torch (1350 mAh) atau Onyx 2 (1500 mAh). Padahal, ponsel ini membutuhkan energi lebih karena dilengkapi layar sentuh yang haus daya. Alhasil, saat kami coba pakai, terbukti jika smartphone ini termasuk seri yang sangat boros baterai.

Kesimpulan

Kombinasi layar sentuh, keypad QWERTY dan Blackberry OS versi 7 membuat Dakota tampil lebih atraktif, super cepat dan nyaman. Soal desain pun, smartphone ini termasuk elegan dan penuh gaya sehingga membuat pede saat ditenteng kemana-mana. Sayang, beberapa fitur seperti kamera seharusnya bisa lebih baik. Termasuk baterai yang seharusnya memiliki kapasitas lebih besar.

Kelebihan Blackberry Bold 9900: desain yang tipis, memori internal 8GB, layar sentuh, fitur NFC

Kekurangan Blackberry Bold 9900: OS 7 hanya mengalami sedikit peningkatan dari OS 6, kemampuan kamera belum ditingkatkan

Spesifikasi Blackberry Bold 9900: Jaringan: GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 900/2100; Dimensi: 115 x 66 x 10.5 mm; Berat: 130 gram; Bobot:146 gram; Layar: TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 640 x 480 pixels, 2.8 inches (~286 ppi pixel density), Touch-sensitive controls, Optical trackpad, Proximity sensor for auto turn-off; Kamera: 5 MP, 2592×1944 pixels, LED flash, Geo-tagging, face detection, image stabilization, Video 720p; Memori: 8GB, 768 MB RAM, Card slot microSD, up to 32GB; Konektivitas HSDPA, HSUPA, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR, microUSB v2.0; OS:BlackBerry OS 7.0; Prosesor: 1.2 GHz QC 8655 processor; Fitur lain: GPS with A-GPS, Java MIDP 2.1, NFC support, BlackBerry maps, Digital compass, Document viewer, music player, Video player, Organizer; Baterai:Li-Ion 1230 mAh.


Blackberry Bold 9900 - Touch Screen, OS 7 dan Memori 8 GB - Sumber: Review1st.com


Related Posts with Thumbnails
You can leave a response, or trackback from your own site.
10 Web Hosting Terbaik Indonesia