Menari Hip Hop Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Mediasari - Menari merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Tak hanya itu, menari ternyata juga baik untuk kesehatan, terutama dalam mencegah risiko terkena serangan dibetes tipe 2.

Seperti yang dikutip dari detikhealth, diabetes tipe 2 terjadi akibat adanya perubahan gaya hidup seseorang. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit degeneratif yang telah meningkat karena frekuensi konsumsi gula meningkat.

Hal itu terjadi ketika reseptor insulin dalam sel-sel tidak lagi merespon insulin yang diproduksi oleh pankreas, sehingga sel-sel kurang mampu mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Kelebihan kalori ini kemudian diubah menjadi lemak dan berbagai komplikasi kesehatan yang serius dapat berkembang.

Menurut studi yang dilakukan di University of Utah, orang yang mengidap diabetes tipe dua dapat mengontrol glukosa dalam tubuh, performa fisik dan komposisi lemak tubuh dalam tiga bulan jika melakukan latihan yang dikombinasikan dengan latihan beban, seperti menari.

Untuk mengetahui cara pencegahan serangan diabetes tipe 2, University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat melakukan sebuah penelitian. Dalam penelitiannya, mereka meminta anak-anak yang menjadi partisipan melakukan gerakan tarian hip-hop di atas lantai kayu di pusat kebugaran.

Dengan menggunakan pedometer, para peneliti menemukan bahwa anak-anak melangkah dua kali lebih cepat setelah mengikuti sesi menari secara rutin. Selain itu, pimpinan penelitian, Dr. Terri Lipman, PhD, CRNP juga menjelaskan bahwa penelitian itu menunjukkan jika seorang anak jantungnya berdetak lebih pelan setelah olahraga, menandakan anak tersebut tidak sehat secara fisik.

"Menari tidak hanya identik dengan kebudayaan dan menyenangkan. Ini juga merupakan cara mudah bagi anak-anak untuk menikmati gaya hidup aktif," ujar Lipman.

Menari Hip Hop Dapat Mencegah Penyakit Diabetes - Sumber: Wolipop.com


Related Posts with Thumbnails
You can leave a response, or trackback from your own site.
10 Web Hosting Terbaik Indonesia