Gangguan Mental yang Disebabkan Jejaring Sosial

Mediasari - Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan salah satu penyakit mental yang berawal dari terlalu sering memikirkan serta berbuat sesuatu secara berulang. Tampaknya salah satu penyakit ini semakin semarak serta merupakan penyakit yang sering kita jumpai pada sebelumnya. Contoh dari penyakit OCD ini adalah seseorang yang kerap sekali berpikir serta ragu atas pertanyaan "kompor gasnya sudah mati belum ya?" yang memang sebelumnya si Dia telah mematikannya.

OCD ini juga dialami oleh beberapa superstars dunia, yakni Wayne Rooney, Katy Perry, Megan Fox, Justin Bieber, Jessica Alba, Gascoigne, dan Charlize.

"Saya akan panik ketika melihat ada alat make-up yang rusak serta adanya noda bekas jari pada kacamata saya" ujar Katy Perry.

"Saya langsung merasa jijik ketika melihat sendok yang ada direstaurant karena mengetahui ada ratusan orang yang mungkin sudah memakai sendok itu. Bayangkan ada berapa bakteri yang menempel pada sendok itu" ujar Megan Fox.

Menurut Dr. Pam Spurr selaku pakar perilaku, menjelaskan bahwa situs jejaring sosial tenyata dapat membuat seseorang terkena penyakit OCD (penyakit yang tergolong gangguan kejiwaan). Hal ini terlihat jelas ketika ada seseorang yang selalu memperhatikan terus-terusan akan status yang dipublikasikan, serta selalu banyak pertanyaan yang hinggap dikepalanya jika ia tidak memantau statusnya.

Jika hal ini berangsung-angsur dilakukan, maka otak Anda akan merasa selalu terdorong untuk melakukan hal tersebut, yang pada akhirnya akan mempengaruhi mental, kebiasaan hidup Anda sehari-hari serta menciptakan kecemasan lebih besar.

Cara tepat untuk mencegah penyakit OCD ini adalah dengan cara menenangkan pikiran serta merubah pola pikir dan gaya hidup. Pada umumnya, seseorang yang bisa menenangkan pikirannya dapat mengatasi persoalan ini, serta membatasi jumlah waktu atas pemakaian jejaring sosial dianggap dapat melindungi Anda dari semaraknya penyakit OCD. (The Sun)

"Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan salah satu penyakit mental yang berawal dari terlalu sering memikirkan serta berbuat sesuatu secara berulang."
by Mediasari


Related Posts with Thumbnails
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Responses for this post

Posting Komentar

10 Web Hosting Terbaik Indonesia